2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
2.1.
Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan
teman.
2.2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, percayadiri, dan bertanggungjawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3.
Menunjukkan perilaku tanggungjawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan menawarkan jasa, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.2
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan mengawali penyampaian berita atau informasi yang
mengejutkan,
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.3
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan meminta perhatian bersayap (extended), serta responnya, sesuaidengan konteks penggunaannya.
3.4
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.5
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks penyerta gambar (caption), sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.6
Menganalisis struktur teks,
unsur kebahasaan, dan fungsi sosial dari teks factual
report berbentuk teks ilmiah faktual tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, sesuai dengan konteks
pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XII.
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan
tentang keharusan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
3.8
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks yang menyatakan fakta dan pendapat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.9
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks news item
berbentuk berita
sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
3.11 Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks prosedur berbentuk resep, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.12 Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu.
|
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
4.1 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menawarkan jasa,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan yang mengawali penyampaian berita atau informasi yang
mengejutkan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyusun teks lisan dan tulis untuk mengucapkan dan
merespon ungkapan meminta
perhatian (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.4
Menangkap makna
surat lamaran kerja.
4.5
Menyunting surat
lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6
Menyusun surat
lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.7
Menangkap makna
teks penyerta gambar (caption).
4.8
Menyusun teks
penyerta gambar (caption), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.9
Menangkap makna
dalam teks ilmiah faktual (factual
report) lisan dan tulis tentang benda, binatang dan gejala/peristiwa
alam, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII.
4.10 Menyusun teks ilmiah faktual (factual report), lisan
dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa
alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain di Kelas XII, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
4.11 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.12 Menyusun teks lisan dan tulis, untuk menyatakan fakta
dan pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
4.13 Menangkap makna dalam teks berita sederhana dari koran/radio/TV.
4.14 Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian diikuti
perintah/saran, dengan memperhatikan fungsisosial, struktu rteks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.15 Menangkap makna dalam teks prosedur lisan dan tulis
berbentuk resep dan manual.
4.16 Menangkap makna lagu.
|